Dahlan Iskan Ternyata Penggemar Karawitan

“Ponpes ini unik. Selain mengajarkan santrinya belajar agama Islam, juga seni tradisi Jawa,”

Dahlan Iskan - Karawitan

Tidak banyak yang tahu, ternyata Menteri BUMN Dahlan Iskan juga sangat gandrung dengan seni tradisi jawa. Salah satunya adalah Karawitan.

Malam itu, Kamis (6/6/2013) saat berkunjung ke Wonogiri, Dahlan bermalam di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah, Dusun Nggedawung, Kelurahan Pondok, Kec Ngadirojo, Kab Wonogiri. Dahlan pun disambut ratusan warga dan santri, dengan suguhan tembang karawitan.

“Ponpes ini unik. Selain mengajarkan santrinya belajar agama Islam, juga seni tradisi Jawa,” ujar Dahlan.

Bersama para santri dan warga, Dahlan tampak begitu menikati alunan suara gamelan. Menemani pagelaran tersebut Dahlan juga disuguhi makanan kesukaannya, jagung dan pisang rebus.

“Ada tiga sinden di sana. Dua sinden dewasa, yang 1 sinden cilik, usianya belum genap 10 tahun. Walau masih bocah, suaranya bagus. Cengkoknya oke banget. Itu suara emas,” ujar Dahlan kagum.

Sebuah lagu pop Jawa berjudul Caping Gunung yang sangat terkenal dibawakan sinden cilik menjadi pengantar tidur Dahlan. CapingGunung mengisahkan seorang desa yang mengenang perjalanan seorang warganya yg merantau ke kota dan menjadi tokoh besar. Warga itu menantikan tokoh itu pulang menengok kampung untuk membangun dan memajukan desanya.
Untuk menyambut tokoh desa yang kini sudah sukses, warga menyiapkan nasi jagung untuk makan dan caping agar tak kehujanan.

Dahlan yang duduk di depan memperhatikan bagaimana bocah itu menyanyikan lagu-lagu. Dahlan baru tahu ternyata si empunya suara emas tersebut adalah tuna netra. Entah bangga atau terharu Dahlan langsung meorogoh koceknya, memberinya sang sinden cilik itu Rp 2 juta dengan uang pribadinya.

“Terus berlatih, jadilah sinden hebat kelak,” nasihatnya dengan penuh rasa haru. (Firman/mon)

http://www.kabarbumn.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: