Dahlan: Pelabuhan Macet, Jangan Salahkan ASDP Lagi!

“Organisasi di Pelabuhan Merak sudah berubah, yang menguasai bukan ASDP lagi,”

JAKARTA – Pemerintah telah melibatkan swasta guna menangani sarana angkutan pelabuhan antara provinsi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi pihak pelayaran swasta untuk berkembang.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, organisasi di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni saat ini sudah berubah. Dia menjelaskan, pelabuhan saat ini sudah tidak lagi dikuasai oleh perusahaan plat merah Angkutan Sungai Danau dan Pelayaran (ASDP).

Oleh karena itu, jika nanti ada pelayanan pelabuhan yang tidak maksimal pada saat arus lebaran atau hari perayaan apapun tidak melulu menyalahkan ASDP. “Organisasi di Pelabuhan Merak sudah berubah, yang menguasai bukan ASDP lagi,” jelas Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (4/6/2013).

Dia menjelaskan, dengan adanya perubahan organisasi tersebut, maka kewenangan angkutan di pelabuhan Merak sekarang dipegang oleh pihak swasta atau organisasi lain.

Kendati demikian, Mantan Dirut PLN itu akan mengadakan rapat dengan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono, guna membicarakan arus mudik lebaran tersebut. “Saya dengan Wamenhub akan rapat, untuk membicarakan arus lebaran di merak, karena adanya organisasi itu,” tukas dia. (mrt)

http://economy.okezone.com/read/2013/06/04/320/817132/dahlan-pelabuhan-macet-jangan-salahkan-asdp-lagi

***

Dahlan tak mau ASDP disalahkan jika Merak-Bakauheni macet

Tidak lama lagi masyarakat muslim Indonesia akan merayakan lebaran Idul Fitri. Ketika momen lebaran, maka aktivitas mudik atau pulang kampung akan dilakukan jutaan orang. Mobilitas penduduk bakal meningkat melalui transportasi udara, darat maupun laut.

Dalam mengantisipasi mudik lebaran, Menteri BUMN Dahlan Iskan tak mau membebani PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ferry (Persero) dengan target-target tertentu. Pasalnya BUMN yang melayani penyeberangan antar pulau, khususnya rute Merak-Bakauheni itu sedang fokus menambah armada.

Mantan dirut PLN ini mengatakan ASDP saat ini bukanlah penguasa bisnis penyeberangan Merak-Bakauheni. Saat ini banyak organisasi yang mempunyai kapal untuk penyeberangan. Dari 35 kapal penyeberangan, ASDP hanya memiliki 7 kapal.

Sehingga, dia hanya berharap pelayanan BUMN itu maksimal ketika arus mudik berlangsung. Dahlan juga meminta publik tidak menyalahkan ASDP bila terjadi hambatan dalam menyeberang dari dan menuju Sumatera.

“Bulan depan akan datang dari Korea 1 lagi. 10 Juni ada kapal bekas Inggris jadi ada penambahan 2 kapal. Kapal ASDP sekarang 5, nanti jadi 7. Sekarang kapal semuanya ada 35 jadi 30 itu milik swasta. Penguasa merak bukan ASDP lagi. Kalau ada apa-apa jangan ASDP lagi (disalahkan),” ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (4/6).

Dalam peresmian kapal terbesar dan termewah milik ASDP 10 Juni nanti yang dibeli dari bekas Inggris, Dahlan akan mengajak Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono untuk sekaligus rapat mengenai persiapan lebaran ini. Dahlan tidak mau ada lempar tanggung jawab ketika musim mudik lebaran sudah tiba.

“Saya dan wamen perhubungan akan rapat di situ mengenai kesiapan lebaran. Saya membicarakan jangan sampai ada saling lempar tanggung jawab atau apa itu jangan sampai terjadi,” tutupnya.

[ard]

http://www.merdeka.com/uang/dahlan-tak-mau-asdp-disalahkan-jika-merak-bakauheni-macet.html

Iklan

2 Komentar to “Dahlan: Pelabuhan Macet, Jangan Salahkan ASDP Lagi!”

  1. Waduh….sekarang saja sdh mulai macet, terutama truk-truk…. Lebaran tahun lalu lancar, organisasinya gimana, sekarang bagaimana …? Tolong yg bisa beri pencerahan, rada bingung maklum orang dusun…

  2. Makanya serahkan pengelolaan kpd ASDP di bawah komando langsung Abah Dahlan Iskan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: