Dahlan Iskan: Indonesia segera Miliki RS Pusat Lever

“Penderita penyakit hati terus bertambah, sementara layanan hati terpadu belum ada sehingga sering kali terjadi salah deteksi sejak awal,”

Dahlan Iskan - RS. pertamina

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan Indonesia akan memiliki rumah sakit pusat lever pada September 2013. Rumah sakit itu khusus menangani penyakit lever seperti hepatitis, ABC sirosis, leptilever dan transplantasi lever.

“Rumah sakit lever dikelola Rumah Sakit (RS) Petramedika Sentul City, anak usaha PT Pertamina (Persero),” kata Dahlan, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (4/6).

Pada kesempatan itu Dahlan menerima Profesor Koichi Tanaka dari Kyoto University yang merupakan ahli penyakit lever, termasuk ahli transplantasi lever.

Dahlan menyebutkan Tanaka akan membantu penyiapan rumah sakit tersebut sehingga bisa menjadi pusat penanganan lever yang berstandar internasional.

Ia menjelaskan, rumah sakit yang berlokasi di Sentul, Jawa Barat itu akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut menteri yang pernah menjalani transplantasi hati di China itu, ide pendirian rumah sakit pusat layanan hati ini muncul karena jumlah populasi penderita hati di Indonesia terus meningkat.

“Penderita penyakit hati terus bertambah, sementara layanan hati terpadu belum ada sehingga sering kali terjadi salah deteksi sejak awal,” ujarnya.

Pembangunan gedung Rumah Sakit Pertamedika sudah mendekati penyelesaian akhir, tinggal menunggu persiapan pengoperasiannya. Ada pun tenaga medis di RS Pertamedika merupakan dokter yang sudah memiliki kekhususan penanganan pusat layanan hati.

Para dokter di rumah sakit tersebut secara bertahap akan mendapat pelatihan dengan pusat hati dari Kobe Jepang. Dengan demikian diutarakan Dahlan, Rumah Sakit Pertamedika akan menjadi rumah sakit lever rujukan internasional, sehingga dapat disejajarkan dengan rumah sakit Mount Elizabeth, Singapura. (Ant)

Editor: Rina Garmina

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/06/04/3/158954/Dahlan-Iskan-Indonesia-segera-Miliki-RS-Pusat-Lever

***

Pertamina Segera Launching RS Liver

TEMPO.CO, Jakarta – PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Bina Medika, akan segera meresmikan rumah sakit liver di kawasan Sentul, Bogor. Tak tanggung-tanggung, perusahaan pelat merah ini juga menggandeng pemenang Nobel dalam ilmu kimia, Profesor Koichi Tanaka, untuk bekerja sama.

“Tanaka akan membatu persiapan RS menjadi pusat penanganan penyakit liver yang memenuhi standar internasional. Saya juga kaget orang-orang (Rumah Sakit Pusat Pertamina) RSPP mendampingi beliau ke sini (Kementerian BUMN),” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan, Selasa, 4 Juni 2013.

Bulan Juli nanti rencananya akan dilakukan soft opening rumah sakit. “Soft opening bulan Juli. Grand opening kami harapakan pada September atau Oktober oleh Presiden,” katanya. Meski begitu, Dahlan mengaku tidak hafal mengenai detail investasi. “Saya tidak hafal,” katanya.

Dahlan optimistis RS Liver di Sentul dapat disamakan dengan RS Mount Elizabeth, Singapura. Kepada Dahlan, Tanaka berjanji akan menghabiskan masa tuanya di Indonesia, khususnya di RS Liver Sentul. “Beliau (Tanaka) bilang hari tua saya nanti akan diakhiri di Sentul. Ini tidak guyon tetapi serius. Saya suka alamnya,” tutur Dahlan menirukan perkataan Tanaka.

ANANDA PUTRI

http://www.tempo.co/read/news/2013/06/04/090485694/Pertamina-Segera-Launching-RS-Liver

***

Profesor Jepang Bantu Dirikan RS Khusus Liver di Sentul

JAKARTA – Profesor Koichi Tanaka hari ini (4/6) bertandang ke Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) guna bertemu dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Lalu untuk apa Profesor asal Jepang itu bertemu Dahlan? Menurut Dahlan, kedatangan Profesor Tanaka untuk membantu pengembangan rumah sakit di Sentul, Jawa Barat yang mulai dibuka bulan depan.

“Profesor Tanaka akan bantu pengembangan Rumah Sakit Pertamina di Sentul yang soft opening bulan Juli,” ujar Dahlan usai menerima kunjungan Profesor Tanaka di ruangannya, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (4/6).

Sementara, grand opening diharapkan akan terlaksana di bulan September- Oktober oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Nantinya kata Dahlan, rumah sakit ini selain untuk umum, juga akan punya ciri khas, yakni menangani penyakit liver. Dengan fasilitas itu, Dahlan berharap segala penyakit liver dapat tertangani dengan baik.

“Segala penyakit tentang liver, mulai dari hepatitis abc-seriosi, leptilever, akan jadi keunggulan rumah sakit itu. Termasuk akan jadi pusat transpalansi liver. Nanti Prof Tanaka juga akan bantu sepenuhnya penyiapan rumah sakit Sentul hingga bisa jadi pusat penanganan RS liver yang penuhi standar Internasional,” jelasnya.

Mengenai kapasitas rumah sakit di Sentul, Dahlan tidak mengetahui secara rinci. Yang jelas kata Dahlan, kelak rumah sakit BUMN ini akan dikoordinasikan dengan Rumah Sakit Pusat Pertamina. (chi/jpnn)

http://www.jpnn.com/

Iklan

2 Responses to “Dahlan Iskan: Indonesia segera Miliki RS Pusat Lever”

  1. Semoga dengan hadirnya Rumah Sakit Pusat Lever ini, orang-orang Indonesia tidak lagi harus ke luar negeri untuk mengobati atau melakukan transplantasi lever. Menteri BUMN Dahlan Iskan sendiri melakukan transplantasi lever di Cina. Itulah sebabnya, dia sangat mendukung langkah Pertamina membangun rumah sakit pusat lever tersebut, disamping karena penderita sakit hati sekarang jumlahnya semakin banyak, termasuk sakit hati para politisi di DPR karena Dahlan Iskan semakin populer di masyarakat. Sehingga mereka merasa terancam…. he he he….

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: