Dahlan Mau Bikin BUMN Jengkol

“Lucu-lucuan saja ya, nanti akan ada BUMN jengkol PTPN XV,”

harga-jengkol-dan-petai-lebih-mahal-dari-ayam-dahlan-urut-dada

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan turut prihatin atas melambungnya harga jengkol di pasaran. “Astaga, kok istri saya tidak bilang ya (jengkol mahal). Ia biasa belanja di Pasar Santa. Itu makanan kesukaan dia, kalau saya sukanya petai,” katanya ketika ditemui di gedung DPR, Senin, 3 Juni 2013.

Secara spontan, ia pun bercanda ingin membuat BUMN Jengkol agar harga jengkol stabil. “Lucu-lucuan saja ya, nanti akan ada BUMN jengkol PTPN XV,” kata dia sambil bercanda.

Seperti gayung bersambut, Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Industri Primer, Muhamad Zamkhani, yang berdiri tepat di samping Dahlan menanggapi guyonan Dahlan. “Nanti kita cari lahan untuk jengkol,” katanya.

Saat ini harga jengkol melambung di pasaran. Seperti dikutip dari laporan Antara, di Pasar Induk Cianjur (PIC) Jawa Barat misalnya, harga jengkol naik lima kali lipat. “Jengkol harganya kini naik drastis dari Rp 10 ribu per kilogram menjadi Rp 50 ribu per kilogram,” kata Usman salah seorang pedagang di Pasar Cianjur, Jumat, 31 Mei 2013.

ANANDA PUTRI

http://www.tempo.co/read/news/2013/06/03/090485447/Dahlan-Mau-Bikin-BUMN-Jengkol

***

Harga jengkol dan petai lebih mahal dari ayam, Dahlan urut dada

Tingginya harga jengkol dan petai yang melebihi harga daging ayam membuat Menteri BUMN Dahlan Iskan terkejut. Dahlan mengakui, jengkol adalah makanan kesukaan istrinya, sedangkan petai adalah makanan kesukaan Dahlan sendiri.

Dahlan yang ditemui di Gedung DPR langsung tersentak ketika ditanya mengenai harga jengkol dan petai yang melebihi harga daging ayam. Namun, Dahlan tidak bisa berbuat banyak. Dia hanya bisa mengelus dada.

“Astaga, kok istri saya tidak bilang ya, di rumah masih ada jengkol 5 kilogram,” ucap Dahlan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/6).

Dahlan mengaku sedikit kecewa mendengar harga jengkol yang naik dua kali lipat. Namun Dahlan sendiri belum mendapat cerita dari istri yang pecinta jengkol kalau harga bahan pangan itu melambung tinggi.

“Istri saya biasa belanja di Pasar Santa, itu makanan kesukaan dia, istri saya senang jengkol tapi saya tidak. Tapi petai saya senang,” tutup Dahlan dengan muka prihatin.

Sebelumnya, Harga jengkol meroket tajam. Di Kota Bekasi, harga buah polong-polongan pencegah penyakit diabetes ini menembus Rp 50.000 per kilogram (kg) atau naik 100 persen dari harga biasanya yang berkisar Rp 25.000 per kilogram.

Harga jengkol ini bahkan lebih tinggi dari beberapa bahan pokok lain seperti daging ayam boiler. Menurut data Kementerian Perdagangan, per 28 Mei, harga ayam boiler di pasaran sebesar Rp 26.122 per kilogram (kg).

Jengkol pun mengalahkan harga sembako lainnya seperti telur ayam kampung, cabe merah dan bawang merah. Telur ayam kampung di pasaran mencapai Rp 35.127 per kg sedangkan cabe merah dan bawang merah rata-rata Rp 30.000 per kg.

Saat ini, harga jengkol sudah sejajar dengan harga ikan teri asin sebesar Rp 54.800 per kg dan daging ayam kampung sebesar Rp 50.773 per kg.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/harga-jengkol-dan-petai-lebih-mahal-dari-ayam-dahlan-urut-dada.html

***

Harga tengah naik, Dahlan jadikan jengkol ide bangun BUMN

Tingginya harga jengkol dan petai membuat beberapa kalangan masyarakat dongkol termasuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Dahlan yang pecinta petai ini langsung terkejut ketika mengetahui harga jengkol dan petai melebihi harga daging ayam.

Dahlan yang ditemui sesuai rapat kerja bersama Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), saking kesalnya, Dahlan berkelakar akan membuat perusahaan pelat merah khusus mengurusi masalah jengkol.

“Lucu-lucuan aja ya, nanti akan ada BUMN jengkol yaitu PTPN XV,” ucap Dahlan sambil tertawa di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/6).

BUMN bidang perkebunan atau PTPN hingga saat ini hanya sampai XIV. PTPN XV hanya gurauan Dahlan karena sangat prihatin mendengar berita harga jengkol yang naik dua kali lipat.

Ditemui di tempat yang sama, Deputi Industri Primer Zamkani yang membawahi PTPN hanya tertawa menanggapi rencana gila Dahlan. “Nanti kira cari lahan untuk jengkol,” ucap Zamkani sambil tertawa.

Seperti diketahui, harga jual jengkol saat ini mencapai Rp 50.000 per kilogram. Harga ini meningkat 100 persen dari harga idealnya sebesar Rp 25.000 per kilogram.

Sejumlah pejabat negara terkesan cuek dengan kenaikan harga ini. Contohnya, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa yang mengatakan belum ada sejarahnya besaran inflasi meningkat karena komoditas jengkol.

[bmo]

http://www.merdeka.com/uang/harga-tengah-menjerit-dahlan-jadikan-jengkol-bahan-lelucon.html

***

Dahlan Iskan Stok Petai dan Jengkol untuk 3 Bulan

JAKARTA – Meroketnya harga jengkol dan petai di pasaran membuat kaget Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Dahlan sempat tidak percaya bahwa salah satu makanan favoritnya, yakni petai, saat ini langka dan mahal.

“Masa sih? Istri saya kok gak bilang ya?. Kalau jengkol saya gak suka, yang suka istri saya, kalau petai saya suka,” ujar Dahlan usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi VI DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/6).

Meski begitu, Dahlan cukup tenang karena persediaan jengkol dan petai di rumahnya aman.

“Persediaan di rumah masih ada, istri saya biasanya belanja di Pasar Santa dan biasanya nyetok untuk tiga bulan,” paparnya.

Mengetahui harga jengkol dan petai naik, kakek yang sudah dikarunia enam cucu ini membuka peluang untuk membentuk BUMN yang khusus mengurusi petai dan jengkol.

“Boleh juga nanti dibuat BUMN XV, biar harga jengkol dan petai gak mahal,” tutur mantan dirut PLN ini bercanda.

Seperti diketahui, harga petai dan jengkol di sejumlah pasar tradisional seperti di pasar Kota Pekanbaru, Riau, melejit naik hingga seratus persen dari harga normal.

Harga petai yang semula Rp 40 ribu per kilogram (kg), saat ini menjadi Rp 80 ribu per kg. Sementara jengkol yang normalnya dijual Rp 10.000 per kilogram, saat ini menjadi Rp50.000 per kilogram. (chi/jpnn)

http://www.jpnn.com/read/2013/06/03/175074/Dahlan-Iskan-Stok-Petai-dan-Jengkol-untuk-3-Bulan-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: