Bedol RT Ala Dahlan Iskan dan Jokowi Bisakah?

Dahlan Iskan - Jokowi Presiden

antondhnugrahanto2Ide bedol RT untuk peruntukan Rumah Susun ini muncul ketika Dahlan Iskan bertemu dengan Jokowi saat peresmian Terminal Kalibaru, Jum’at (22 Maret 2013). Apa itu bedol RT, jalan pikiran Dahlan ia dapatkan ketika ia berkunjung ke Rumah Susun Kemayoran, view-nya amat menarik, di utara ada laut, di selatan ada lapangan golf, tapi bagaimana rakyat miskin bisa menikmati rumah susun itu, yang rencananya pakai agenda kerja Jusuf Kalla dengan membangun 1000 tower rumah susun.

“Apakah rakyat miskin bisa menikmati juga agenda perumahan rakyat tanpa dibebani DP, karena soal duit DP ini membebani rakyat dan sering dijadikan alat ngobyek di lapangan”.

Menjelang peresmian Terminal Pelabuhan Laut Kalibaru Dahlan Iskan males masuk di ruang VVIP dan berkumpul dengan menteri lain yang dirasa kurang tanggap bekerja, saat duduk di pojokan ruang tamu Pelindo, Jokowi melihat Dahlan dan langsung nyusul kesana, lalu mereka mojok berdua membahas soal penyelesaian beberapa persoalan di Jakarta. Salah satunya adalah Rumah Susun dan peruntukannya.

Dahlan mengeluarkan ide soal bedol RT, ini artinya setiap RT dikosongkan kemudian dibangun diatasnya Rumah Susun. Berikut kutipan dari Kompas.com :

Untuk diketahui, program bedol RT merupakan program yang mengalihkan warga dari satu perkampungan ke rumah susun yang akan dibangun oleh Perum Perumnas dan PT Adhi Karya. Dahlan Iskan mengatakan, rusun yang dibangun Perumnas dan Adhi Karya tersebut akan diisi oleh seluruh warga yang bersedia secara bersamaan untuk pindah dari daerah-daerah kumuh.

“Selanjutnya, rumah warga atau kawasan kumuh yang ditinggalkan para penghuninya itu kemudian dikosongkan, diratakan, lalu dibangun rumah susun baru,” kata Dahlan.

(Kompas.com Bedol RT)

Salah satu kemampuan terbesar Jokowi adalah melakukan diplomasi atas kebijakan-kebijakan sosial, seperti kata Dahlan kepada Jokowi “Pak Jokowi ini hebat dalam pemindahan warga dengan acara boyongan” nah ditangan Jokowi tentunya bisa dilakukan ide pemindahan bedol RT dan bedol RW ini sehingga yang menempati rumah susun bisa tepat sasaran, jadi satu lokasi dikosongkan, kemudian diatas lokasi itu dibangun rumah susun yang membangun BUMN.

Jokowi sendiri setuju dengan ide Dahlan Iskan ini dia menyatakan oke, apalagi Jokowi punya janji kampanye soal pengadaan rumah susun bagi warga, apakah ide bedol RT ini akan berhasil dan menjadi catatan tersendiri dalam agenda kebijakan publik kita?

-Anton DH Nugrahanto-.

http://politik.kompasiana.com

Iklan
Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: