Buruh Migran Indonesia, Dahlan Iskan dan Ekonomi Kerakyatan

Dahlan Iskan - Buruh Migran Indonesia

antondhnugrahanto2Tahukah anda bahwa devisa Buruh Migran Indonesia (BMI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI) bila dihimpun penghasilannya melebihi profit BUMN, inilah wajah Indonesia dalam kerja kerasnya, dalam memasuki industri keuangan internasional, kita sering memandang sebelah mata kekuatan aliran dana BMI ke dalam sistem ekonomi kita, tapi kekuatan aliran TKI ini merupakan salah satu sumber penggerak ekonomi rakyat yang amat potensial.

Di tingkat ekonom-ekonom kelas tinggi selalu bicara soal simpanan devisa, bicara soal sumber duit sektor energi, bicara soal kavling-kavling pos duit APBN tapi jarang bagaimana memanfaatkan seluruh aliran dana masuk kemudian dikembangkan menjadi sumber pergerakan ekonomi rakyat.

Kekuatan ekonomi rakyat adalah inti dari ekonomi yang tidak bakalan mati dihajar krisis apapun, bukti sudah menunjukkan pada kita pada tahun 1998 ekonomi kerakyatan tidak mati walaupun hajaran duit Internasional yang ditarik besar-besaran dan bikin banyak bangkrut Bank ataupun usaha-usaha besar. Dahlan Iskan melihat BMI (Buruh Migran Indonesia) adalah salah satu ceruk besar berkembangnya ekonomi rakyat, hanya saja apakah Bank-Bank besar Indonesia menyadari kekuatan akumulasi modal BMI ini?

Liwat Bank Mandiri, salah satu BUMN terbesar di Indonesia, Dahlan melakukan test of water atas kemungkinan bergeraknya ekonomi rakyat lewat arus deras duit yang masuk hasil kerja TKI di luar Indonesia, para TKI atau Buruh Migran Indonesia diajarkan bagaimana mengakumulasi modal, menjadi modal dari bentuk konsumtif menjadi produktif, modal dijadikan alat untuk melepaskan diri dari kemiskinan dan mencuat keluar lewat proses mobilitas sosial yang namanya : ENTERPRENEURSHIP…!!

TKI mengakumulasi modal selama 3 tahun, dana modal itu kemudian menjadi mesin yang produktif untuk usaha dan Bank Mandiri membantu jalan keluar baik secara Manajemen Keuangan maupun Manajemen Bisnis. Perpaduan baiknya sistem Manajemen Keuangan dan Manajemen Bisnis adalah kunci terpenting dalam keberhasilan bisnis apapun.
-Anton DH Nugrahanto-.

http://ekonomi.kompasiana.com

Iklan
Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: