Surat Dahlan Iskan ke KPK: Minta Proyek PLTU Diawasi

dahlan iskan kpk

antondhnugrahanto2Dahlan Iskan Meminta KPK Mengawasi Proyek PLTU (Sumber Photo : Indonesia Raya)
Bila Menteri lain menghindari KPK, atau keluar keringat dingin ketika harus berurusan dengan KPK, Dahlan Iskan malah melaporkan aduan masyarakat ke KPK kemarin (27/2/2013), dia sendiri datang ke KPK untuk mengajarkan sikap keterbukaan atau akuntabilitas publik.

Dahlan Iskan meminta KPK agar menyelidiki masalah di PLTU Riau dan PLTU Kalimantan Timur, disini Dahlan Iskan menulis surat pada KPK untuk menginvestigasi atas tender yang terjadi semasa Dahlan Iskan menjabat sebagai Direktur Utama PLN. Pusaran masalah atas tender itu adalah laporan dari pihak yang kalah, mereka merasa sudah mendapatkan harga yang lebih murah, tapi kenapa kalah tender. Awalnya proyek PLTU Riau dan PLTU Kaltim ditahan ajuan pengumumannya, karena Dahlan Iskan menerima laporan itu dan meminta agar Direksi melakukan tender ulang dengan menghadirkan tim yang kalah dan menjelaskan hitung-hitungannya tapi , tapi setelah adanya tender ulang tetap tim yang menang di awal yang menang tender.

Tapi serangan dari luar tetap menggelora, Dahlan tidak mau namanya dipakai atau namanya digunakan baik oleh anak buahnya atau staf-nya, karena terus ada laporan itu, Dahlan meminta KPK menyelidiki kemungkinan adanya kongkalingkong atas proyek PLTU Riau dan PLTU Kaltim. Investigas KPK ini diminta Dahlan Iskan agar KPK bisa memeriksa Direksinya karena kemungkinan direksinya ‘tidak berhasil melihat sesuatu yang dilihat’.

Dahlan Iskan sebelumnya juga pernah mengguyur isu soal anggota DPR yang memeras BUMN, namun usaha Dahlan ini dibantai dengan isu inefisiensi PLN, sehingga menutup kemungkinan bongkar-bongkaran siapa yang maen peras BUMN di DPR.

Di kalangan Politisi langitan persaingan memang keras, pihak yang ingin menjadikan mesin pemerintahan efektif, terbuka dan bertanggung jawab seperti Dahlan Iskan malah sering dilibas oleh stigma pencitraan karena banyak pihak takut terbongkar kesalahannya. Dalam kasus DPR Pemeras, Dahlan disuruh berantem sendirian dan tak ada satupun pemain-pemain politik membantu pembongkaran kejahatan mafia pemeras di DPR.

-Anton DH Nugrahanto-.

 

http://politik.kompasiana.com

Iklan
Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: