PT DI sambut rencana Habibie bangkitkan pesawat N-250

“Ini adalah momen bangkitnya kembali kedirgantaraan, dan kita harapkan lagi dapat meningkatkan tenaga pekerja potensial bagi seluruh bangsa,”

pt-di-sambut-rencana-habibie-bangkitkan-pesawat-n-250

Dalam waktu dekat Kedirgantaraan Indonesia akan kembali bergairah. Bapak ‘pesawat’ Indonesia, BJ Habibie akan kembali membangkitkan pesawat N-250. Pesawat karya anak bangsa yang pernah berjaya di era 1990-an itu akan diperbaharui.

Perwakilan PT Dirgantara Indonesia, Rochendi, mengatakan dengan inisiasi seorang yang sangat ahli di bidang Kedirgantaraan, pihaknya menyambut baik. Bahkan PT DI akan kembali memiliki asa untuk kembali membangkitkan era emas.

“Kami sangat gembira dan menyambut baik jika dapat diwujudkan. Karena ini jelas bisa dapat menggairahkan lagi industri penerbangan di Indonesia,” kata Rochendi saat berbincang dengan merdeka.com, Jumat (10/8) malam.

Dia mengaku sejak era reformasi, dengan adanya krisis moneter, PT DI sempat mati suri. Meski sedikit demi sedikit dapat kembali bangkit, dan tidak tenggelam dalam kehancuran.

“Nah sekarang momennya untuk bisa lebih bangkit lagi, Ini bukti nyata, dan kita akan menuju kembali ke puncak teknologi,” ujar Humas PT DI yang sedang dalam masa transisi pensiun ini.

Sejak mula era reformasi, yang saat itu masih bernama IPTN, SDM di perusahaan Industri Pesawat Terbang menyusut drastis. Dari catatannya sejak 1990 ada sekitar 15 ribu karyawan, sedangkan saat ini hanya tercatat 4.500 karyawan.

“Momen ini juga adalah momen kebangkitan anak bangsa yang telah hilang, kita ingin aset putra bangsa bisa kembali lagi untuk membangkitkan,” ungkapnya.

Jadi pihaknya berharap, agar anak bangsa yang tengah bekerja di luar negeri bisa kembali lagi, bahu membahu mengembalikan kejayaan PT DI. Selain itu karisma Habibie meski tak lagi muda mampu membangkitkan industri pesawat-pesawat lainnya.

“Jadi bukan cuma PT DI,” jelasnya.

Untuk diketahui, BJ Habibie dalam waktu dekat akan menggandeng perusahaan PT RAI. Perusahaan hasil kerjasama PT Iltabi Rekatama dan PT Eagle Cap itulah yang akan memproduksi pesawat canggih.

Perusahaan itu juga tidak berdiri sendiri, sebab akan melibatkan berbagai elemen seperti Kemenristek, BPPT, dan lainnya.

Dalam hal ini, mantan RI 1 ini berperan akan merancang dan mendesain N 250 masa depan dengan pembaharuannya. “Saya sudah tidak muda lagi, dan saya akan tularkan pengalaman saya,” terang Habibie.

Pesawat N-250 yang kali pertama mengudara di Indonesia sejak 10 Agustus 1995, adalah sejarah dalam Kedirgantaraan Indonesia. Hari itu pula lah ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).

“Ini adalah momen bangkitnya kembali kedirgantaraan, dan kita harapkan lagi dapat meningkatkan tenaga pekerja potensial bagi seluruh bangsa,” tegas Rochendi.

[ian]

http://www.merdeka.com/peristiwa/pt-di-sambut-rencana-habibie-bangkitkan-pesawat-n-250.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: