Dahlan Iskan Canangkan `Kelurahan Membaca`

Dahlan Iskan - membaca

Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP, CEO Riau Pos Grup H Rida K Liamsi dan Surat Kabar Mingguan (SKM) Genta diserahi Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Award, Ahad (8/6) malam di Balai Pauh Janggi Komplek Gubernuran, Jalan Diponegoro Pekanbaru. Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua SPS Pusat Dahlan Iskan.

Usai menyerahkan penghargaan pada malam resepsi nasional ulang tahun SPS dan penganugerahan SPS Award 2008 itu, Dahlan Iskan menyatakan, jika masyarakat, pers, parpol dan birokrasi sudah dewasa, maka negara akan maju. Hadir juga Ketua Dewan pers Leo Batubara, Ketua PWI Pusat Drs H Tarman Azzam dan sejumlah pengurus SPS lainnya.

Pada malam itu juga dilakukan pengukuhan Komunitas Minat Baca Indonesia (KMBI) yang diketuai Kazzaini KS dan Asosiasi Praktisi Periklanan Media (APPM) yang diketuai H Makmur SE Ak.

Pada kesempatan ini Dahlan juga mengingatkan, momen ulang tahun ini hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk melakukan intropeksi diri, siapakah yang lebih dewasa saat ini apakah masyarakat, pers, parpol atau birokrasi. Dari bincang-bincang kami tadi, didapat kesimpulan bahwasanya saat ini pers dan masyarakat sudah dewasa. Kalau sebelum reformasi tingkat kedewasaan pers diberi nilai lima (jelek, red) sekarang sudah membaik tingkat nilainya menjadi 7, sedangkan masyarakat saat ini nilai kedewasaannya mencapai 7,5, tuturnya

Kalau dulu ada media massa yang diterbitkan dengan tujuan-tujuan tertentu sekarang sudah semakin berkurang dan penerbitan seperti itu sudah semakin takut untuk terbit. Sekarang tinggal parpol dan birokrasi yang belum dewasa, ini menjadi tugas masyarakat dan pers untuk mendewasakan kedua elemen ini.

Yang jelas, tambahnya, kalau parpol dan birokrasi sudah dewasa maka negara ini akan maju. Kapan pers dan masyarakat betul-betul menjadi dewasa? Diperkirakan pada 2017. Sedangkan parpol dan birokrasi dewasa diperkirakan pada 2021 mendatang. Karenanya sekali lagi saya katakan kalau ketiga elemen ini dewasa, maka Indonesia akan maju dari sekarang, tuturnya.

Dalam pada itu gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP menyampaikan ucapan terima kasih atas anugerah yang diterima. Menurutnya, pers bagi dirinya ibarat matahari yang menyinari bumi. Keberadaan pers di negeri ini diharapkan menjadi penerang bagi seluruh masyarakat. Karenanya saya mohon dukungan dari media massa dalam melaksanakan roda pemerintahan di negeri ini, tuturnya.

Rida K Liamsi sendiri mengaku sangat berbahagia atas penghargaan yang ia terima. Saya sangat bangga dan berterima kasih atas penghargaan ini, mengapa karena apa yang saya kerjakan selama ini dihargai oleh semua pihak, tuturnya.

Makmur Hendrik selaku pemimpin umum SKM Genta juga menyampaikan rasa suka citanya atas penghargaan ini. Dulu, SKM Genta adalah koran kecil baik dari segi oplah maupun dari segi ukuran, sekarang pun SKM Genta masih sebagai koran kecil baik dari segi oplah maupun ukuran, akan tetapi tidak ada satu pun program-program pembangunan di daerah yang tidak diekpose oleh SKM Genta.

Dahlan Iskan Canangkan GKGMK
Dalam pada itu, Ahad (8/6) siang Dahlan Iskan mencanangkan Gerakan Kelurahan Gemar Membaca Koran (GKGMK), yang dipusatkan di RW 03, Keluarahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan. Gerakan ini diprakarsai Riau Pos Group, yang sebelumnya juga sudah memprakarsai Gerakan Hibah Sejuta Buku (GHSB). Turut serta dalam pencanangan tersebut, Wakil Wali Kota Pekanbaru H Erizal Muluk, CEO Riau Pos Group H Rida K Liamsi dan Ketua SPS Riau H Syafriadi SH.

Saat pencanangan, Dahlan Iskan mengatakan, gerakan membaca koran merupakan langkah maju dan untuk pertama kalinya di Indonesia. Dengan ide ini pula rombongan SPS Pusat datang ke Pekanbaru, karena sangat tertarik dengan ide cemerlang SPS Riau tersebut.

Apa yang dilakukan SPS Riau ini sangat positif, mungkin karena pengurusnya masih muda-muda, sehingga ada-ada saja ide kreatif. Dan ini memang tidak dapat dipungkiri. Kebanyakan ide-ide cemerlang itu memang selalu terlahir dari orang-orang muda, ungkap CEO Jawa Pos Grup ini sambil tersenyum.

Ke depan kata Dahlan, gerakan membaca koran yang sudah dimulai dari Pekanbaru nantinya akan ditindaklanjuti ke daerah lain di Indonesia. Diharapkan gerakan ini juga akan dilakukan secara nasional.

Sementara itu, Penanggung Jawab Gerakan Membaca Koran, yang juga Sekretaris SPS Riau H Makmur SE Ak mengatakan, Kelurahan Sidomulyo Barat sengaja dipilih sebagai percontohan untuk mewakili daerah di Indonesia. Gerakan ini dirangkai dengan nama Gerakan Kelurahan Gemar Membaca Koran.

Makmur sangat berharap, dengan penunjukan tersebut pemerintah dan masyarakat dapat bersama-sama mewujudkan cita-cita Proklamasi RI, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Ia berharap, ke depan akan terbentuk komunitas gemar membaca koran.(riaupos/g/m/nto/z)

http://www.sumutcyber.com/856/dahlan-iskan-canangkan-kelurahan-membaca/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: