Ini Pendapat Menkes Tentang Metode ‘Cuci Otak’ Ala dr Terawan

Jakarta, Beberapa waktu lalu, Menteri BUMN Dahlan Iskan sempat menuturkan manfaat metode cuci otak yang dilakukan Dokter Terawan. Menurut pengakuannya, Dahlan merasakan pikirannya menjadi jernih dan segar usai menjalani metode tersebut.

Sebenarnya metode cuci otak Dokter Terawan masih memicu kontroversial di kalangan medis. Para dokter masih terbelah pendapatnya. Masih banyak dokter yang belum bisa menerimanya sebagai bagian dari medical treatment. Bagaimana pendapat Menteri Kesehatan mengenai hal itu?

“Sekarang yang dilihat adalah ada manfaat tidak? Kedua, apakah itu aman untuk pasien? Oleh karena itu harus ditulis hasilnya supaya bisa kita lihat dari sekian ribu orang yang sudah dilakukan, yang mendapat manfaat berapa banyak dan apakah ada yang mengalami side effect,” kata Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi kepada pers, Kamis (21/2/2013).

Menkes mengemukakan pernyatan tersebut di sela-sela acara Seminar berjudul ‘Cancer: Did You Know’ di gedung Kementerian Kesehatan RI. Dokter Terawan sendiri adalah seorang ahli radiologi berumur 48 tahun yang bermitra dengan dokter Tugas, ahli syaraf yang berumur 49 tahun.

Metodenya yang disebut ‘cuci otak’ ini dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Menurut Dahlan Iskan yang sempat mencoba metode ini, kebanyakan pasien yang datang ke sana bukanlah orang yang sakit, melainkan melakukannya sebagai tindakan pencegahan. Biayanya juga terbilang mahal, yaitu sekitar Rp 100 juta.

“Sampai saat ini, laporannya adalah sebagian besar mendapat manfaat. Memang ada yang tidak begitu besar manfaatnya. Kedua, belum ada sampai saat ini dari sekian ribu yang telah dilakukan ada side effect atau dampak buruknya. Tentu ini harus dibahas bersama dengan organisasi profesi dan para ilmuwan,” papar Menkes.
(pah/vta)

http://health.detik.com/read/2013/02/21/155349/2176220/763/ini-pendapat-menkes-tentang-metode-cuci-otak-ala-dr-terawan?880004755

About these ads
Tag:

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 244 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: