PT Pos, Taspen dan Bank Mandiri Teken MoU Pendirian Bank Patungan

“Kerja sama Mandiri, Pos Indonesia dan Taspen akan menjadikan jaringan perbankan yang dibentuk sangat luas sejalan dengan layanan pos yang mencapai hingga di pelosok desa,”

PT Pos, Taspen dan Bank Mandiri Teken MoU Pendirian Bank Patungan

Liputan6.com, Jakarta : PT Pos Indonesia, Taspen, dan Bank Mandiri bersinergi membentuk bank joint venture. Bank patungan ini diharapkan bisa menjangkau daerah terpencil

Penandatanganan nota kesepahaman kemitraan strategis ketiga BUMN disaksikan oleh Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, pada hari ini Kamis (31/1/2013).

Nota kesepahaman aliansi tersebut ditandatangani oleh Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini, Dirut PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana, serta Dirut Taspen Agus Haryanto.

Besarnya modal dari masing-masing BUMN yang disertakan dalam joint venture ini, baik dari pihak Tasepen mapun PT Pos Indonesia mengatakan masih sama-sama melakukan perhitungan.

Bank besutan tiga BUMN ini nantinya diharapkan dapat mendukung perusahaan negara dalam memperkuat akses masyarakat pada layanan keuangan (financial inclusion).

“Dengan adanya kemitraan ini kami harapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan keterjangkauan akses lokasi jaringan yang luas indonesia. Selain itu kami berharap ada percepatan proses prosedur yang lebih mudah bagi nasabah,” kata Zulkifli Zaini, mengawali sambutan dalam agenda tersebut.

Berdasarkan data Bank Dunia, sekitar 49 persen penduduk Indonesia masih belum memiliki akses ke tabungan, kredit, dan produk asuransi. Hal ini disebabkan minimnya kantor-kantor layanan keuangan, utamanya di daerah terpencil (remote area).

Joint venture ini diharapkan dapat menyusul langkah Meksiko dalam mempermudah akses layanan nasabah, khususnya di daerah terpencil.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan inisiatif dalam menembus inclusiveness sudah pernah disampaikan dalam forum G20.

Saat itu Presiden datang ke Meksiko, yang meluncurkan gagasan tentang financial inclusion untuk negara G20. Bambang menilai apa yang dilakukan Meksiko sudah jauh di depan. Akses layanang jasa keuangan mereka sudah jauh menyebar ke daerah terpencil.

“Kita nanti akan menuju ke sana dengan joint venture ini. Joint venture ini akan menggunakan metode hybrid yang menggabungkan layanan e-banking dengan bantuan kantor pos,” kata Bambang mengapresiasi sinergi ketiga BUMN.

Bank hasil kemitraan strategis ketiga BUMN ini akan berfokus dalam memberikan pelayanan yang lebih sederhana bagi nasabah, seperti pembayaran dana pensiun, dan tabungan hari tua.

Selain itu, bank juga akan berfokus pada produk yang relatif lebih sederhana seperti kredit mikro serta kredit untuk usaha kecil menengah (UKM). (Est/Igw)

http://bisnis.liputan6.com/read/500828/pt-pos-taspen-dan-bank-mandiri-teken-mou-pendirian-bank-patungan

.

Bank Mandiri, Pos Indonesia dan Taspen Bentuk Bank Sinar Harapan Bali

JAKARTA – Tiga perusahaan milik negara PT Bank Mandiri, PT Pos Indonesia, dan PT Taspen sepakat membentuk perusahaan patungan (joint venture) yang bergerak dalam usaha perbankan untuk memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama ditandatangani Dirut Mandiri Zukifli Zaini, Dirut Pos Indonesia I Ketut Mardjana, Dirut Taspen Agus Haryanto, yang disaksikan Menteri BUMN Dahlan Iskan, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam sambutannya mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah yang bagus dan sepenuhnya mendukung terbentuknya aliansi tiga perusahaan tersebut.

“Kerja sama Mandiri, Pos Indonesia dan Taspen akan menjadikan jaringan perbankan yang dibentuk sangat luas sejalan dengan layanan pos yang mencapai hingga di pelosok desa,” kata Dahlan.

Sementara itu Dirut Mandiri Zulkifli, menuturkan sinergi ini merupakan untuk dalam memperkuat akses masyarakat pada layanan keuangan (financial inclusion), yang fokus mengembangkan sektor UMKM, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Indonesia menghadapi tantangan berupa terbatasnya akses layanan finansial, yang mengakibatkan pertumbuhan bisnis kurang optimal, dan menghambat upaya pengentasan kemiskinan,” kata Zulkifli.

Sementara itu Dirut Pos Indonesia Ketut Mardjana mengatakan kerja sama ini langkah lanjutan perusahaan untuk lebih mengembangkan bisnis di bidang jasa keuangan. Dijelaskan Ketut, pembentukan anak usaha tersebut yaitu PT Bank Sinar Harapan Bali yang 81,46 persen sahamnya dikuasai Bank Mandiri.

Dalam draft awal, Bank Mandiri akan menjadi pemegang saham mayoritas, sedangkan selebihnya dikuasai Pos Indonesia dan Taspen yang masing-masing sekitar 20,2 persen. Adapun dana sebagai modal yang harus disetor Pos Indonesia jika rencana itu terealisasi akan berkisar Rp174,34 miliar.

Alasan Pos Indonesia ingin membuat usaha patungan ini sangat masuk akal karena dukungan infrastruktur layanan yang bisa merambah hingga ke pedesaan. Dengan sinergi tersebut bukan tidak mungkin Mandiri bisa lebih besar lagi dan bahkan bersaing ketat dengan BRI.

Dari sisi infrastruktur, sumber daya manusia Pos Indonesia sangat memadai karena memiliki jaringan Kantor Pos di 24.000 titik layanan, 3.746 Kantor Pos On-line dan 11.835 agen pos.

Sementara itu Bank Mandiri memiliki 28.518 karyawan dengan 1.733 kantor cabang dan 7 kantor cabang/perwakilan perusahaan di luar negeri.

Layanan distribusi Mandiri dilengkapi jaringan ATM sebanyak 31.139 ATM, jaringan electronic dara capture (EDC) sebanyak 143.384 unit, serta electronic channels yang meliputi internet banking, SMS Banking dan call center.

Adapun PT Taspen memiliki peserta program Tunjangan Hari Tua (THT) dan Program Pensiun yang jumlahnya mencapai 6.848.725 orang.

Jaringan Taspen meliputi 6 kantor cabang utama, 39 kantor cabang, dan tiga kantor cabang pembantu dengan total karyawan sebanyak 1.943 orang.

http://www.solopos.com/2013/01/31/bank-mandiri-pos-indonesia-dan-taspen-bentuk-bank-sinar-harapan-bali-373950

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 237 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: